Selasa, 31 Januari 2017

6 Tehnik Basic Bass Yang Mesti Dikuasai Pemula

6 Tehnik Basic Bass Yang Mesti Dikuasai Pemula

Tehnik basic permainan Bass nyaris sama juga dengan tehnik basic gitar. cuma saja Lebih sedikit bila di banding dengan tehnik keseluruhnya pada gitar. Tehnik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dikerjakan oleh pemain yang telah termasuk mahir.

Sesaat pada lagu-lagu jazz, bass kerap dikira sebagai motor penggerak lagu serta penentu warna lagu yang menginginkan dipertunjukkan. Mengingat juga kalau jazz senantiasa memakai chord-chord yang rumit serta memercayakan improvasi perseorangan, permainan bass dituntut lebih handal dalam beberapa hal.

Terdapat banyak jenis tehnik dalam bermain bass diantaranya seperti berikut :

1. Alternate Picking
Umumnya Bassist banyak memakai tehnik ini dalam bermain bass. Alternate picking sesungguhnya yaitu tehnik basic dalam bermain bass. Langkahnya : menuai bass dengan memakai dua jari dengan cara bertukaran, biasanya sih pakai jari telunjuk serta jari tengah.

2. Up Down Thumb
Tehnik Up Down Thumb ini Sahabat Gitar Gaul mesti memakai sebagai pick, sesaat ke empat jari-jari yang lain digunakan untuk menuai, serupa seperti bermain gitar. Bila umumnya kita memakai telunjuk serta jari tengah untuk metik bass (alternate picking) jadi dalam tehnik ini kita ubah dengan jempol.

3. Slapping
Tehnik menampar pada bass. Jadi memainkan bass lewat cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, serta bunyi yang dibuat jadi seperti perkusi gitu. Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang umumnya sukai pakai tehnik ini.

4. Popping
Tehnik Popping yaitu menarik senar dengan jari lantas dilepaskan lagi sampai beradu dengan fret, hingga membuahkan suaranya nyaring seperti dua benda yang diadu. Umumnya kita dapat memadukan tehnik slapping serta popping hingga membuahkan gabungan suaranya yang unik. Ada pula tehnik popping dengan menarik dua senar sekalian yang dimaksud double pluck.

5. Tapping
Tapping umum dipakai pada gitar, tetapi pada bass dapat juga digunakn tehnik ini. Langkahnya : tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lantas geser sedikit jari seperti lagi mencolek.

6. Neck Bending
Tekni Neck Bending dapat kita kerjakan saat menuai, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang umumnya tempat kita menyetem). Tehnik ini bakal membuahkan bunyi seperti mendengung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar